Beda baja ringan dengan kayu

Setelah mengenal lebih dalam tentang baja dan karakteristiknya, kali ini sekilas akan dibahas tentang perbedaan struktur baja ringan dan kayu yang memang jika dilihat secara jelas, struktur baja ringan mempunyai kekuatan dan lebih tahan lama secara jangka waktu pemakaian. Dalam ketebalan profil, struktur kuda –kuda kayu mempunyai dimensi yang lebih besar, struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis, ketebalannya dari 0,75 mm hingga ketebalan 1 mm. dengan perbedaan ukuran dimensi tersebut, maka pemasangan struktur baja ringan berbeda dengan pemasangan struktur kuda – kuda kayu.
Struktur baja ringan mempunyai kekakuan yang lemah namun kekuatan tarik yang tinggi. Salah satu faktor penting yang bisa membuat struktur baja ringan kokoh dan kuat adalah pada bracing atau batang pengaku. Disebut batang pengaku karena digunakan untuk mengatasi kekakuan yang lemah pada struktur baja tersebut. Jenis – jenis dari bracing atau batang pengaku adalah : pengaku batang bawah ( bottom chord bracing ), pengaku batang atas ( top chord bracing ) biasanya berupa reng, ikatan angin ( diagonal web bracing ), atau pengaku web ( lateral tie ) yang punya fungsi dan penempatan yang berbeda beda. Apabila bracing atau batang pengaku pada struktur baja ringan kurang atau tidak diperhatikan dengan teliti, maka resiko terburuk yang dapat terjadi adalah robohnya struktur baja ringan tersebut, atau khususnya jika kita bicara dalam pengerjaan rangka atap. Pada umumnya letak pengaku berada di tengah sumbu lemah kolom. Namun letak batang pengaku dapat dipindah apabila kondisi struktur tidak memungkinkan untuk pengaku dipasang di tengah sumbu lemah kolom, sehingga letaknya tidak lagi tepat berada di tengah. Efek yang timbul adalah penambahan tegangan ( stress ) pada kolom.
Oleh sebab itu sangatlah bijaksana apabila sebelum mengerjakan struktur baja ringan, banyak berkonsultasi dengan ahlinya atau kepada aplikator. Sehingga resiko kesalahan dapat dihindari, dan hasil dari pekerjaan struktur baja ringan anda, sesuai dengan apa yang diharapkan.
Sumber : ekgindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar