Masalah Seputar Atap Baja Ringan



Tidak bisa dipungkiri bahwa pemakaian material menggunakan baja ringan sebagai struktur atap atau sebuah bangunan semakin banyak digunakan oleh para kontraktor , selain karena bahan yang memang lebih mudah dicari tetapi juga jika dilihat dari sisi ekonomis dan praktisnya , jauh lebih menguntungkan , apabila dibandingkan dengan kayu , yang semakin sulit didapatkan , kalaupun ada tetapi dengan harga yang mungkin sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan baja ringan. Keunggulan atau kekuatan – kekuatan yang didapat dari menggunakan baja ringan sebagai struktur atap atau bangunan memang sudah banyak dibicarakan , namun walaupun begitu , masalah – masalah yang dapat timbul dari menggunakan bahan baja ringan pun tidak bisa tidak dihindari atau dihadapi. Ada faktor – faktor yang bisa menyebabkan rangka baja ringan gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini adalah hal – hal yang dapat mempengaruhi atau menurunkan kualitas hasil dari pengerjaan baja ringan.
Cara pemasangan yang tidak benar. Pemasangan rangka baja harus didukung dengan gambar kerja , perhitungan beban , kualitas bahan , dan dipasang oleh ahlinya. Dan karena sistematis itulah maka pengerjaannya harus dilakukan dengan tepat.
Dudukan rangka yang bermasalah. Jika dudukan miring , kuat tekan baja ringan , tidak akan tersalur seimbang. Jika terjadi ketidakseimbangan , kemungkinan ambruk sangat besar.
Kualitas material rendah. Pakailah rangka baja ringan yang berkualitas, jangan tertarik hanya karena harga murah yang ditawarkan.
Yang memasang bukan ahlinya. Rangka atap baja ringan perlu dipasang oleh ahlinya alais orang yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Struktur rangka baja yang dihitung secara tiga dimensi dan menjadi kesatuan , adalah alasan mengapa perlu dikerjakan oleh orang yang terlatih.
Beban berlebih tanpa rencana. Jika ingin menaruh beban berat seperti pemanas air atau apapun yang akan ditaruh dan berhubungan dengan rangka atap , sebaiknya direncanakan dengan sebaik – baiknya dari awal. Karena jika tidak , bisa mengakibatkan rangka atap runtuh.
Bocor yang lama ditangani. Jika terjadi kebocoran di rumah , segera tangani dan dan dicari sumber bocornya. Bocor juga memberi pengaruh buruk untuk material yang terkena tetesan air , termasuk rangka baja ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar